Literasi Media oleh KPID Sulut Bagi Pelajar di Kepulauan Sitaro

Literasi Media oleh KPID Sulut Bagi Pelajar di Kepulauan Sitaro Komisioner Bidang Kelembagaan mengedukasi pelajar di kepulauan Siator

SITARO - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulawesi Utara kembali mengadakan Literasi Media dengan tema Pengawasan Konten Siaran Bagi Pelajar/Generasi Muda yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Sitaro bertempat di Aula SMA Negeri 1 Siau Barat pada tanggal 28 Mei 2021. 

Kegiatan Literasi ini dibuka oleh Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen; dihadiri Ketua KPID Sulut, Reidi F. Sumual, S.Sos; Koordinator Bidang PS2P KPID Sulut, Hamri Mokoagow, S.Pd, MH; Koordinator Bidang Kelembagaan, Pengasihan Susanto Amisan, S.IP; Anggota Bidang Kelembagaan Meilany Rauw, SE dan Merlyn C.P. Watulangkow, SH serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Sitaro, Jackson Baginda. 

Kegiatan tersebut, diawali dengan pengantar kata oleh Ketua KPID Sulawesi Utara Reidi F. Sumual, S.Sos yang dalam hal ini memberikan pemahaman akan pentingnya kegiatan literasi ini bagi generasi muda/pelajar yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, serta mengajak seluruh siswa untuk bersama-sama mengawasi konten siaran yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah KPID Sulut yang datang ke wilayah Kepulauan Sitaor dalam rangka kegiatan literasi. Pihaknya berharap KPID dapat terus membantu pemerintah daerah dalam upaya mengedukasi generasi muda Sitaro agar tidak terjerumus atau jadi korban kemajuan teknologi dewasa ini.

"Saya mengucapkan selamat datang kepada ketua dan komisioner KPID Sulawesi Utara yang telah tiba di Sitaro sejak Kamis 27 Mei 2021. Saya mengapresiasi bapak/ibu komisioner KPID Sulut yang mau melaksanakan kegiatan literasi ini di Sitaro, membagikan ilmu pengetahuan bagi anak-anak kami," ungkapnya. 

"Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan kepada siswa-siswi beserta ibu/bapak guru agar dapat memilih berita atau informasi yang baik. karena melihat kondisi saat ini, banyak berita dan informasi yang tidak baik bagi anak-anak. juga adanya covid-19 saat ini, membuat proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring sehingga banyak anak-anak menghabiskan waktu dengan handphone dari pada dengan buku pelajaran." ujar Bupati.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati menghimbau agar siswa-siswi dapat lebih bijak dalam memilih informasi dan semoga kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi anak-anak yang ada di Sitaro.


Setelah acara dibuka oleh Bupati, kemudian seluruh rangkaian kegiatan dimulai dimana pada kesempatan ini KPID Sulawesi Utara Menghadirkan Narasumber yang juga adalah Tenaga Pengajar di SMK Negeri 1 Siau Timur dan Sekretaris Pemuda GMIST Resort Timur, Fili Marthin, M.Pd.

Pada kesempatan ini, Fili mengajak siswa-siswi SMA Negeri 1 Siau barat untuk bagaimana memilih informasi yang baik dan bagaimana seharusnya menyampaikan informasi yang ada.

Komisioner Kelembagaan Pengasihan Amisan, S.IP menambahkan tentang pentingnya siaran positif bagi pelajar/generasi muda saat ini. Juga Merlyn C.P. Watulangkow, SH yang mendorong anak-anak agar dapat lebih berhati-hati dalam bersosial media serta menginformasikan beberapa aturan dalam membuat konten siaran. Kemudian di akhiri dengan Meilany Rauw, SE yang pada kesempatan ini membagikan informasi tentang fasilitas Lapor KPID Sulut di Call Center 081143704555, dimana ini menjadi fasilitas yang KPID Sulut berikan untuk mempermudah siswa-siswi ataupun guru-guru apabila ditemui konten siaran yang tidak sesuai dengan aturan.  (Diane, Inri) 

Share