KPID Sulut Sebut ASO 2022 Masih Butuh Kesiapan

KPID Sulut Sebut ASO 2022 Masih Butuh Kesiapan

KPID Sulut - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Utara (KPID Sulut) mengandiri Dialog Interaktif yang digelar oleh RRI Manado, dengan topik “Migrasi Siaran Analod ke Siaran Digital” melalui sambungan telepon.

Dalam dialog yang dilaksanakan pada Senin, (7/11/2020) Pagi, Ketua KPID Sulut l, Reidi F Sumual, S.Sos,. SH, menyampaikan bahwa masih ada daerah yang menunggu kesiapan, termasuk Sulawesi Utara,

“Menurut keterangan menteri Kominfo, Johnny G. Palate, masih ada daerah yang menunggu waktu kesiapan daerah Provinsinya. Kesiapan tersebut adalah ketersediaan Set Top Box (STB) karena data sampai tanggal 26 Oktober kemarin, Pemerintah sudah mendistribusikan kuotanya secara keseluruhan totalnya,” ungkap Sumual.

Dirinta menjelaskan kondisi dari lembaga penyiaran di Sulawesi Urara, masih sangat sedikit, yakni 4,4%.

Dan disampaikannya, berdasarkan pamantauan tim KPID sendiri di 15 Kabupaten/Kota mendistribusin STB belum terlihat. Informasi terakhir kan harus door to door, namun belum terjadi.

“Sehingga dalam siaran dalam tanggal 2 November 2022 kami menyampaikan pada pemerintah, siaran di Sulut itu baik Manado, Minahasa, Bitung, Minut, sampai daerah Bolaang Mangondow dan Kepulauan harus dilakukan secara simulcast, artinya harus ada siaran digital tapi masih ada siaran analognya,” jelasny.

Hal itu bertujuan agar supaya masyarakat yang belum mendapatkan STB masih bisa menikmati siaran analog. (*)

Share