KPID Sulut Ikuti Rapat Teknis Pelaksanaan Multiple ASO 2022

KPID Sulut Ikuti Rapat Teknis Pelaksanaan Multiple ASO 2022

KPID Sulut - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Utara (KPID Sulut) bersama KPID se-Indonesia mengikuti Rapat Pembahasan Teknis Pelaksanaan Multiple ASO 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada Kamis (01/09/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Agung Suprio selaku Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menyampaikan dalam sambutannya, dalam pendristribusian alat bantu Set Top Box (STB) kiranya bisa berkolaborasi dengan stakeholder, dinas dan para pihak terkait agar dalam pembagiannya bisa tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

Dalam kesempatan yang sama, Geryantika Kurnia sebagai Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan dengan siaran digital, masyarakat dapat menyaksikan siaran TV berkualitas baik gambar maupun suranya.

Gery menjelaskan berdasarkan survey pada bulan Juli 2022 di 10 wilayah layanan: Pertama, masyarakat tidak puas dengan siaran TV Analog dan mengakui keunggulan siaran TV Digital. Kedua, sebanya 78% masyarakat sudah tahu tentang siaran digital, namun baru 44,83% yang tahu siaran TV Analog akan dihentikan.  93,36% masyarakat mengetahui tentang hal ini dari layar TV.

Ketiga, 84,79% masyarakat mengaku masih menggunakan siaran Analoh sehari-hari, tapi 73,36% masyarakat tertarik dan akan beralih ke siaran Digital. Keempat, dari kelompok yang tertarik beralih ke siaran TV Digital, 40,47% diantaranya sudah berencana beralih dalam waktu dekat dan 45,44%  menunda karena masih bisa menikmati siaran TV analog. Kelima, 90,08% masyarakat bersedia membeli STB, meski setengahnya memperhatikan harga.

"Mereka yang bersedia 76,25% diantaranya mau membeli STB pada kisaran harga Rp. 150.000," beber Gery, Direktur penyiaran. (*)

Share