FIPP Unima Minta Semua TV Lokal Sediakan Penerjemah Bahasa Isyarat

FIPP Unima Minta Semua TV Lokal Sediakan Penerjemah Bahasa Isyarat

KPID Sulut - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Utara (KPID Sulut) menggelar Sosialisasi Pengawasan Isi Siaran yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Manado (Unima), Jumat (7/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut yang dihadiri oleh sejumlah 400 Mahasiswa, dan Wakil Dekan III, Dr. Mersty E Rindengan MPd, serta para Dosen FIPP UNIMA yang menyambut baik kedatangan dari KPID Sulut.

Topik yang menjadi bahan pembahasan dalam kegiatan tersebut yaitu, Peran Dunia Kampus dalam Pengawasan Isi Siaran TV/Radio, yang dimana dibawakan langsung oleh Ketua KPID Sulut Reidi Sumual, S.Sos., S.H, Wakil Ketua KPID Sulut Boyke D. Sondakh, SE, dan Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran (PIS) KPID Sulut, Boy Opo Paparang, S.IP.

Dalam sosialisasi tersebut, para peserta meminta agar KPID Sulut untuk menyediakan penerjemah bahasa isyarat pada TV Lokal.

Hal tersebut disampaikan oleh Dosen FIPP UNIMA, Ketua Jurusan dan Koordinator Prodi Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Dr. Aldjon Nixon Dapa, S.Pd., M.Pd yang mengatakan bahwa, TV Lokal di Sulut harus bisa menyediakan bahasa isyarat, agar masyarakat penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan fasilitas dalam memperoleh informasi lewat TV Lokal.

Tujuan dilaksanakannya Sosialisasi ini untuk memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya para kaum milenial dalam bekerja sama dengan KPID Sulut untuk mengawasi isi siaran TV Lokal di Sulawesi Utara. (*)

Share